Mengenai Saya

Foto saya
magelang, jawa tengah, Indonesia

Kamis, 29 Mei 2014

LIFE SKILL UNTUK REMAJA

Sebagai Seorang remaja kita di tuntut untuk dapat hidup mandiri, remaja di tuntut untuk mempunyai Keterampilan Hidup.
Keterampilan hidup adalah kemampuan dan keberanian untuk menghadapi dan mengatasi masalah dan kesulitan dalam hidup kita sehari-hari. Tujuan dari keterampilan hidup adalah agar kita bisa melindungi diri dari berbagai resiko dan ancaman sehingga kita bisa hidup dengan baik untuk mencapai cita-cita

Mengambil keputusan, yaitu mengetahui dan memilih perilaku2 dan cara2 tertentu untuk menghindari risiko atau bahaya yang mempengarui hidup & kesehatan kita.
Contoh : Memilih untuk tidak ikut2tan merokok seperti teman2 lain dari pada harus sakit paru2 kalau dewasa

Memecahkan masalah, adalah mencari tahu apa saja yang menyebabkan terjadinya suatu masalah dan bila sudah tahu bisa menghindarinya.
Contoh : Mencari tahu apa yang menyebabkan remaja bisa tertular HIV, dan setelah tahu menghindari cara2 yang menyebabkan penularan HIV.

Berpikir kritis, yaitu berpikir mengenal hal2 apa saja yang mempengaruhi atau mendorong perilaku dan tindakan kita, dan juga berfikir mengenai untung-rugi dari tindakan atau perbuatan yang kita pilih.
Contoh : remaja bisa berfikir kerugian apa saja yang bisa terjadi pada dirinya bila ia menggunakan obat2 bebahaya.

Berpikir kreatif, yaitu kemampuan untuk memilih cara2 yang paling berguna atau menguntungkan untuk menjaga atau melindungi diri.
Contoh : remaja menolak ajakan teman yang mengajak minum alkohol.


Berkomunikasi dengan efektif, yaitu kemampuan dan keberanian untuk mengatakan apa yang kita pikirkan,rasakan dan inginkan dengan cara yang tepat dan terus terang kepada orang lain.
Contoh : remaja dapat bertanya mengenai terjadinya kehamilan kepada orang tua atau guru secara wajar. Remaja berani menolak dengan tegas dan terus terang bila ada orang yang mau memegang2 tubuhnya.

Membina hubungan, yaitu menjaga dan mengusahakan agar hubungan dengan keluarga, teman dan orang2 selalu selalu positif dan menyenagkan.
Contoh : remaja bisa memilih untuk bergaul dengan teman2 yang tidak membahayakan.

Menyadari diri, yaitu kemampuan untuk mengenali kelebihan dan kekurangan, kebutuhan dan keinginan serta sifat2 diri sendiri.
Contoh : remaja memikirkan cita-citanya dan tahu apa saja yang bisa dilakukannya untuk mencapai cita2 itu.Remaj tahu kapan dia senang atau sedih dan bisa menjaga agar kesenangan atau kesedihannya tidak berlebihan dan membuatnya sakit.

Berempati, yaitu berusaha mengerti perasaan dan pikiran orang lain.Empati bisa membantu remaja mengerti dan menerima orang lain yang berbeda dengan dirinya. Dengan begitu maka hubungan kita dengan orang lain menjadi lebih baik dan menyenangkan.
Contoh : mengerti penderitaan orang yang yang sakit. Karena mengerti maka kita memperhatikan dan tidak mengucilkan teman yang sakit.

Mengendalikan emosi, adalah mengendalikan perasaan-perasaan yang ada di dalam diri kita seperti rasa marah,sedih, benci dll. yang mempengaruhi perilaku kita. karena kenal maka kita bisa mengendalikan perasaan tersebut. Kalau perasaan2 itu dibiarkan terus menerus maka kesehatan kita terganggu.
Contoh : daripada marah dan mengurung diri lebih baik olah raga sampai lelah lalu tidur.

Mengatasi stres, adalah tahu dan sadar bahwa kita sedang merasa tertekan/stres, mencari penyebabnya, lalu mengurangi stres itu dengan cara yang tepat. stres yang berlebihan kita tidak bisa berbuat apa-apa yang seharusnya kita lakukan. Selain itu stres berlebihan bisa membuat kita sakit.
Contoh : dari pada tertekan terus karena ulangan di sekolah hasilnya buruk,lebih baik cari cara belajar lain yang lebih menyenangkan.



Tips untuk melewati masa remaja yang baik
1. Berbagi rasa dengan orang tua atau orang yang dituakan dirumah
2. Carilah seorang sahabat
3. Tingkatkan kerpercayaan diri
4. Katakan tidak pada hal yang negatif
5. Bergabunglah dalam kelompok atau bentuklah kelompok dengan aktifitas 
    positif
6. Jauhilah kelompok yang bersifat negatif
7. Jagalah kesehatan fisik sedini mungkin
8. Berfikirlah Positif
9. Peduli sesama
10 Hindari Stress

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar