Ban kempes/tekanan kurang
Beban Kendaraan Berat
Setelan karburator
Salah Seting Gir
Kenapa pabrik pasang gir reduksi motor baru sama semua? Pertimbangannya,
setingan gir segitu sesuai dengan power mesin dan trek pada umumnya. Maksudnya
kalau jalan yang dilalui menanjak tinggal dibuat enteng. Sebaliknya dibikin
berat umpama jalurnya banyak data
Rantai Kendur
Rantai roda kendur tenaga mesin hilang. Gas ditarik namun lama berreakasi. Roda
berputar lebih lama lantaran menunggu rantai mengencang. Makin boros jika mata
gir dan rantai aus. Juga karet peredam gir sudah pada terkoyak.
Laher Roda Seret
Bola laher seret akibat karat atau permukaan sudah koyak.
Akibat pemasangan laher salah pun bisa bikin bensin boros. Contoh kalau dudukan
laher di teromol longgar akibat terkikis. Alhasil lingkar dalam laher akan
terjepit dengan bos teromol dan menyebabkan putaran tersendat.
Kampas Kopling Tipis
Jika
kerja pemindah daya nggak maksimal, tenaga dari mesin untuk menyalurkan ke
komponen reduksi jadi terbuang percuma. Enggak heran kalau kampas kopling tipis
disebut biang boros bensin. Karena tenaga dari mesin tidak efektif memutar
reduksi. Yang ada, bensin banyak dikeluarkan.
Kabel Massa Kendur
Jangan lihat kabel massa di motor sebagai peranti sepele. Terlebih tunggangan
yang mengusung pengapian arus DC. Jika aliran arus di kabel massa tidak
maksimal, timbul gejala mbrebet saat mesin bekerja.komponen pengapian tidak didukung arus setrum yang sempurna.
Slang Bensin Getas Bikin Bocor
Bensin boros nggak cuma disebabkan pembakaran tak sempurna. Tapi slang bensin
getas akibat kelewat waktu pakai, juga faktor utama cairan gas bakar ini hilang
entah kemana. slang getas yang diklaim tidak mampu menjepit ke pipa di
kran dan karbu, berisiko melepas bensin lewat celah yang sudah longgar.
Filter Udara Kotor
Filter udara kotor mengakibatkan suplai bensin ke ruang bakar berlebih. Udara
yang mestinya bercampur dengan bensin jadi tidak imbang gara-gara terhimpit
debu. pasokan bensin tambah boros.
Paking Knalpot Bocor
Paking bocor juga bisa bikin boros. Sebab silinder masih butuh tendangan balik
(turbulensi) gas bakar yang dilepas lewat pipa knalpot. “Jika paking bocor,
tendangan balik berkurang. Gas bakar baru banyak yang terbawa keluar,”
Gas Seret
Idealnya, gas bakar akan terisap bila piston skep diperintah untuk membuka.
Makanya bila kabel seret, skep terangkat melulu dan bensin mengalir terus. Agar
tidak mubazir, segara servis kelancaran kabel gas skep karbu. Cukup diduci
pakai cairan pembersih dan dilumasi oli, dijamin gas bakar tidak terbuang
percuma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar