A. SEJARAH SMKN 1 MAGELANG
SMK Negeri 1 Magelang merupakan Sekolah
Kejuruan Favorit di Kota Magelang. Berdiri pada tanggal 1 Agustus 1965
berdasarkan S.P. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 136/Dirpt/BI/65 tanggal 8 Oktober 1965
berdiri sebuah Sekolah Teknologi dengan nama STM Negeri Magelang dengan jurusan
Bangunan Gedung dan Jurusan Mesin. Tahun 1970 dikukuhkan melalui Surat
Keputusan Direktur Jendral Pendidikan dengan Nomor surat 306/Set.DDT/70
tertanggal 13 April 1970.
Tahun 1988 lokasi sekolah dipindah dari
Tuguran dan menempati lokasi baru di Jalan Cawang no:02 Jurang Ombo, Kota Magelang. Sejak
berdiri SMK Negeri 1 selalu mengalami perkembangan dan pembukaan jurusan
baru, diantaranya: Teknik Listrik,
Teknik Otomotif, Teknik Elektronika dan Teknik Komputer.
Berikut daftar Kepala Sekolah sejak
berdiri hingga sekarang:
1. Bpk. Abu Sunarko
2. Bpk. R. Sutarja
3. Bpk. Mardi Yuwono
4. Bpk. Koendarto
5. Bpk. Soedarsono, BE
6. Bpk. Drs. Herry Agus Suyitno
7. Bpk. Drs. Kartono
8. Bpk. Drs. Ch. Heru Subroto, MPd
9. Bpk. Drs. Jarwadi, MPd
10. Bpk. Drs. Supriyatno
11. Bpk. Drs. Ngajid, MPd
Sebagai
wujud peningkatan mutu dan pelayanan Mulai tahun 2004 sekolah menerapkan
dan
bersertifikasi SMM ISO 9001, mulai tahun 2006 mengembangkan sekolah menjadi
B. IDENTITAS SEKOLAH
1. Nama Sekolah : SMK NEGERI 1 MAGELANG
2. Visi :
Menjadi SMK teknologi bertaraf Internasional
yang unggul, berwawasan kebangsaan , lingkungan dan kesetaraan gender, yang
dikelola secara profesional, sebagai pencetak sumber daya manusia tangguh
3. Misi :
a.
Membentuk tamatan yang berkepribadian
unggul dan berprestasi.
b.
Mencetak tamatan yang profesional
dibidang teknologi dan berjiwa enterpreneur.
c.
Mengelola sekolah dengan sistem
manajemen mutu menuju Total Quality
Management.
d.
Menjadikan sekolah sebagai pusat layanan informasi, komunikasi dan
Teknologi, serta layanan
pemakai tamatan.
e. Mengembangkan kultur sekolah yang berwawasan kebangsaan, lingkungan dan
kesetaraan gender
4. Tujuan Sekolah :
a. Menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan
kerja serta mengembangkan sikap
profesional;
b. Menyiapkan para siswa agar mampu memilih
karir, mampu berkompetensi dan mampu mengembangkan diri;
c. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk
memenuhi kebutuhan dunia
usaha dan industri pada saat ini serta masa yang akan
datang;
d. Menyiapkan tamatan agar menjadi warga negera
yang produktif, adaptif dan kreatif.
5. Lokasi / Alamat Sekolah:
Jalan Cawang No. 02,
Kelurahan :
Jurang Ombo
Kecamatan :
Magelang Selatan Kode Pos: 56123
Kota : Magelang
Koordinat : 7
030 ’6 ” LS ;
110 012 ’ 15 ” BT Ketinggian : 382 DPL
6. Nama Pengelola : Pemerintah Kota Magelang
7. Status
Sekolah : Negeri
8. Status Akreditasi : Semua Kompetensi Keahlian nilai A,
NO
|
KOMPETENSI
KEAHLIAN
|
AKREDITASI
|
TAHUN
|
1
|
Teknik Gambar Bangunan
|
95
|
2009
|
2
|
Teknik Konstruksi Batu Beton
|
92
|
2009
|
3
|
Teknik Konstruksi Kayu
|
95
|
2009
|
4
|
Teknik Audio Video
|
96
|
2009
|
5
|
Teknik Komputer Jaringan
|
96
|
2009
|
6
|
Teknik P. Tenaga Listrik
|
95
|
2009
|
7
|
Teknik Pendingin Tata Udara
|
95
|
2009
|
8
|
Teknik Pemesinan
|
97
|
2009
|
9
|
T. Otomotif Kendaraan Ringan
|
97
|
2009
|
1. N.S.S. (Nomor Statistik Sekolah) : 401036001001
2. NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) :20327608
3. Luas lahan / tanah : 48.770 m2
4. Luas bangunan : 17.166 m2
5. Status tanah / Sertifikat : Milik Pemerintah Kota Magelang
6. Sertifikat : Sudah sertifikat
7. Waktu belajar : Pukul 07.00 sd. 17.30
8. 8. Website : http://www.smkn1magelang.com
9. Email : smkn1magelang@yahoo.com
10. Jumlah ruang belajar : 32 ruang kelas / Ruang teori
11. Jumlah rombel per kompetensi keahlian :
No
|
Kompetensi Keahlian
|
Jumlah Rombel
|
Jumlah
|
||
Kelas X
|
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
1
|
T. Gambar Bangunan
|
1
|
1
|
1
|
3
|
2
|
T. Konstruksi Kayu
|
1
|
1
|
1
|
3
|
3
|
T. Konstruksi Batu Beton
|
2
|
2
|
2
|
6
|
4
|
T. Audio Video
|
2
|
2
|
2
|
6
|
5
|
T. Komputer & Jaringan
|
2
|
2
|
2
|
6
|
6
|
T. Instalasi Tenaga Listr
|
3
|
3
|
3
|
6
|
7
|
T. Pendingin Tata Udara
|
1
|
1
|
1
|
6
|
8
|
T. Pemesinan
|
4
|
4
|
4
|
12
|
9
|
T. Kendaraan Ringan
|
4
|
4
|
4
|
12
|
Jumlah
|
20
|
20
|
20
|
60
|
C.
LOKASI SEKOLAH
Sekolah terletak
dilereng Gunung Tidar yang berhawa sejuk, tenang dan nyaman sangat menunjang
suasana pendidikan dengan luas 4,8 ha. Lokasi Sekolah strategis dan terjangkau
oleh angkutan umum
1.
Lokasi Sekolah
2.
Side Plan
D.
KOMITE SEKOLAH
Komite Sekolah mewadahi peran serta
masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi
pengelolaan pendidikan di sekolah, Tugas komite sekolah diantaranya:
· Memberi
pertimbangan (advisory agency) dalam penentuan dan pelaksanan kebijakan pendidikan di satuan pendidikan.
· Pendukung
(supporting agency), baik yang berwujud finansial, pemikiran, maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah.
· Pengontrol
(controlling agency) dalam rangka transparansi dan akuntabilitas
penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di sekolah.
penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di sekolah.
Gambar: Komite Sekolah dan Guru SMKN
1 Magelang
SUSUNAN KOMITE SEKOLAH SMK Negeri 1
Magelang
1. Ketua : Drs. H. Muhammad Chadiq
Yudi Ismono, SH
2. Sekretaris :
Kasiyono, SH
Hartana, SPd
3. Bendahara :
Fathurohman, BA
Suyatmi, SPd
4. Seksi-seksi
a.
Pengembangan :
Drs. Joko Budiyono
Pendidikan Haris Imam Suntoko, AMd
b.
Pengembangan :
R.P. Purnomo, S.S. BSc
Sarana
Prasarana Drs. Ridar Umar, MPd
Subali
c.
Usaha/Pendanaan :
Kuswan Haji, SH
Joko Mei Budi Utomo
Bambang Purwanto
A.
STRUKTUR
ORGANISASI
Penyusunan Struktur organisasi
merupakan tanggungjawab kepala sekolah sebagai administrator
pendidikan.Sebelumnya ditetapkan, penyusunan organisasi dibahas bersama-sama
dengan dewan guru agar hasil yang diperoleh benar-benar dapat menjalankan
kegiatan sekolah secara efisien:
1.
Kepala Sekolah : Drs. Ngajid, M.Pd
2.
Waka Kurikulum : Wakijan, S.ST
3.
Waka Kesiswaan : Koen Trihardono, S.Pd
4.
Waka Sarpras dan : Ramelan, S.Pd
Ketenagaan
5.
Waka Hub – In : Drs. Puryanto
6.
Kajur Bangunan : Drs. Yanuariyanto
7.
Kajur Elektronika : Drs. Yunantono, M.Pd
8.
Kajur Listrik : Drs. Didit Bangun P.
9.
Kajur Mesin : Karyanto, S.Pd
10. Kajur Otomotif :
Drs. Maryanto
11. K T U :
Wahyuni, S.IP
12. Koord. Renbang :
Drs. Al. Sudibyo
13. Koordinator BK :
Isti Walujanti, S.Pd
14. Koord. Guru NA :
Sugeng Rusbiyantoro, S.Pd
D.
KURIKULUM DAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan utama sekolah (Core Bisnis) adalah
proses pembelajaran yang dijalankan oleh bidang kurikulum :
1.
Kelompok Keahlian
·
Bidang
Studi Keahlian : Teknologi dan
Rekayasa
·
Program
Studi Keahlian :
§ Teknik
Bangunan
§ Teknik
Elektronika, dan Teknik Komputer Informatika
§ Teknik
Ketenaga Listrikan
§ Teknik
Mesin
§ Teknik
Otomotif
·
Paket
Keahlian
§ Teknik gambar bangunan
§ Teknik konstruksi
kayu
§ Teknik konstruksi batu dan beton
§ Teknik audio video
§ Teknik komputer jaringan
§ Teknik instlalasi
tenaga listrik
§ Teknik pendingin dan tata udara
§ Teknik pemesinan
§ Teknikotomotif
kendaraan ringan
2. Mata pelajaran dan
kondisi Guru
N0
|
MATA PELAJARAN
|
KEBUTUHAN
GURU |
JML GURU
MAPEL |
|
1
|
Pendidikan Agama Islam
|
5
|
5
|
|
2
|
Pendidikan Agama Kristen
|
1
|
||
3
|
Pendidikan Agama Katolik
|
1
|
||
4
|
PKN
|
5
|
5
|
|
5
|
Bahasa Indonesia
|
8
|
7
|
|
6
|
Sejarah Indonesia
|
2
|
2
|
|
7
|
Seni Budaya,bhs jawa
|
2
|
2
|
|
8
|
Olahraga/Kesehatan
|
5
|
5
|
|
9
|
Bahasa Inggris
|
10
|
10
|
|
10
|
Matematika
|
13
|
12
|
|
11
|
Kimia
|
5
|
5
|
|
12
|
Fisika
|
6
|
6
|
|
13
|
Prakarya
|
2
|
2
|
|
14
|
Kewirausahaan
|
5
|
6
|
|
15
|
KKPI
|
4
|
1
|
|
16
|
IPA
|
2
|
4
|
|
17
|
IPS
|
2
|
2
|
|
18
|
BK
|
10
|
10
|
|
19
|
Teknik Bangunan
|
22
|
22
|
|
20
|
Teknik Elektro dan Komput
|
23
|
23
|
|
21
|
Teknik Listrik dan Pend
|
22
|
22
|
|
22
|
Teknik Pemesinan
|
25
|
25
|
|
23
|
Teknik Otomotif
|
19
|
19
|
1. Mata Pelajaran
Muatan Lokal
a. Mulok 1 : Bahasa Jawa
b. Mulok 2 : Ilmu Ukur Tanah
c. Mulok 3 : Teknik Sepeda Motor
d. Mulok 4 : Auto CADD
e. Mulok 5 : Teknik Las
1.
Nilai Rata-rata Ujian Nasional
No.
|
Mata Pelajaran
|
Rata-rata Nilai
Ujian Nasional
|
||
2010/2011
|
2011/2012
|
2012/2013
|
||
1
|
Bahasa Indonesia
|
8,15
|
8,33
|
8,28
|
2
|
Bahasa Inggris
|
8,66
|
8,72
|
8,36
|
3
|
Matematika
|
9,30
|
9,18
|
8,22
|
4
|
Produktif (teori&
prak)
|
8,15
|
8,10
|
8,71
|
2.
Nilai Rata-rata Ujian Sekolah
No.
|
Mata Pelajaran
|
Rata-rata
Nilai Ujian Sekolah
|
|||
2009/2010
|
2010/2011
|
2011/2012
|
2012/2013
|
||
1
|
Pend. Agama
|
8,15
|
8,10
|
8,23
|
8,20
|
2
|
PKn
|
8,08
|
8,20
|
8,07
|
8,30
|
3
|
Pend. Jasmani / OR
|
8,40
|
8,30
|
8,86
|
8,20
|
4
|
Seni Budaya
|
7,71
|
7,62
|
7,88
|
7,92
|
5
|
IPS
|
8,18
|
8,22
|
8,49
|
8,50
|
6
|
KKPI
|
8,33
|
8,40
|
8,56
|
8,72
|
7
|
Kewirausahaan
|
7,75
|
7,70
|
7,78
|
7,80
|
8
|
Fisika
|
7,96
|
7,75
|
8,35
|
8,20
|
9
|
Kimia
|
8,03
|
8,05
|
8,12
|
8,10
|
10
|
IPA
|
7,73
|
7,70
|
7,91
|
8,20
|
3.
Kegiatan Pembelajaran
Gambar : Praktek Bahasa dan
Komputer
Gambar : Praktek Bangunan
Gambar: Praktek Elektronika
Gambar: Praktek Mesin
Gambar: Praktek Otomotif
E.
KESISWAAN
1.
Jumlah Siswa
NO
|
Kompetensi
Keahlian
|
Siswa
|
|||||||
Tk.X
|
Tk. XI
|
Tk.XII
|
Total
|
||||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
||||
1
|
T. Gamb Bang
|
43
|
14
|
41
|
16
|
25
|
10
|
149
|
|
2
|
T. Konstr Kayu
|
23
|
1
|
21
|
3
|
28
|
5
|
77
|
|
3
|
T. Konst. Batu B
|
27
|
1
|
21
|
7
|
32
|
1
|
89
|
|
4
|
T. Audio Video
|
39
|
17
|
32
|
24
|
29
|
16
|
157
|
|
5
|
TKJ
|
37
|
19
|
26
|
29
|
43
|
27
|
181
|
|
6
|
T. Inst. Ten Listr
|
78
|
5
|
71
|
10
|
59
|
12
|
235
|
|
7
|
T. Pendingin TU
|
23
|
3
|
20
|
7
|
24
|
10
|
87
|
|
8
|
T. Pemesinan
|
112
|
-
|
110
|
1
|
101
|
2
|
336
|
|
9
|
T. Otomotif
|
104
|
8
|
108
|
5
|
94
|
7
|
336
|
|
TOTAL
|
552
|
68
|
453
|
96
|
425
|
89
|
1615
|
||
2.
Ekstra Kurikuler
a.
Pramuka
b.
Patigeni
c.
Paskibra
d.
Studi Wisata
e.
Kemah Bhakti
f.
Kegiatan Seni (Grafity, Band, Topeng Ireng)
g.
Keagamaan (Rohis)
h.
PMR
i.
LDKS
j.
Green Shcool / Adiwiyata
k.
Olah Raga (Sepak Bola, Bola Basket, Bola Volley, Tae Kwon
Do)
l.
Debat Bahasa Ingris
m. Pencinta Alam (Stupa)
n.
Panjat dinding
3. Kegiatan Siswa
Gambar: Tari Topeng Ireng dan
Safety Riding
Gambar: Kegiatan Upacara
Gambar: Kegiatan Senam dan
Patigeni
Gambar: Masa Orientasi dan
Penghijauan
Gambar: Kegiatan Karnaval dan
Grafiti
Gambar: Liga Olah Raga
F. KETENAGAAN
Dituntut
kondisi Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang mempunyai komptensi yang
relevan dengan tuntutan kemajuan jaman, sehingga dibutuhkan peningkatan
kemampuan / kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang terus
menerus atau berkelanjutan. Usaha untuk meningkatkan kompetensi dapat dilakukan
melalui :
· Mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi (D4, S1, S2 ),
· Mengikuiti pelatihan / penataran,
· Mengikuti seminar , work shoop, magang Industri, MGMP dll
· Mengadakan studi banding, kunjungan kerja dll
Tata nilai merupakan dasar sekaligus
arah bagi sikap dan perilaku seluruh pegawai dalam menjalankan tugas.Tata nilai
yang dikembangkan harus menerapkan nilai-nilai positif yang berlaku secara
Universal, Nasional dan Lokal.
Tata nilai akan menyatukan hati dan
pikiran seluruh pendidik dan karyawan dalam usaha mewujudkan layanan
pendidikan. Tata nilai yang dimaksud adalah amanah, AdministratiF, visioner,
demokratis, inklusif, dan berkeadilan, akan memperlancar sekolah dalam
mewujudkan Visi dan Misi sekolah.
1.
Kondisi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
·
Jumlah Pendidik
No.
|
Pend. Terakhir
|
Guru Tetap
|
Guru Tdk Tetap
|
Jumlah
|
1
|
S3
|
--
|
--
|
|
2
|
S2
|
14
|
--
|
14
|
3
|
S1
|
158
|
7
|
165
|
4
|
Sarmud/ D3
|
6
|
--
|
6
|
Jumlah Semua Guru
|
178
|
7
|
185
|
·
Tenaga
Kependidikan :
No.
|
Pend. Terakhir
|
Peg Tetap
|
Peg Tdk Tetap
|
Jumlah
|
1
|
S1
|
1
|
1
|
2
|
2
|
D3/D2 / D1
|
1
|
1
|
2
|
3
|
SLTA
|
10
|
2
|
33
|
4
|
SLTP / SD
|
3
|
4
|
7
|
Jumlah semua
pegawai
|
15
|
29
|
44
|
2.
Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a. Pengembangan Kompetensi Pendidik:
·
Pelaksanaan MGMP:
Normatif adaptif, BK dan Produktif
·
Pemberian reward
bagi pendidik berprestasi
·
Studi Lanjut
·
Workshop
Penelitian Karya Ilmiah
·
Sertifikasi
Assesor Produktif
·
Peningkatan dan
pelatihan kompetensi Paedagogis
·
Peningkatan ICT:
·
Simulasi Digital
·
Sertifikasi Guru
Simulasi Digital
·
Penerapan SIM
Sekolah (Intranet)
·
Kelas Maya
(Moodle, Edmodo)
·
Auto CADD, Corel
Draw
b.
Pengembangan
Kompetensi Tenaga Kependidikan
·
kompetensi
manajerial,
·
kompetensi dministrative,
·
pengelolaan
informasi
·
TIK
·
Kompetensi
Kepustakaan
·
Kompetensi
Teknis
·
Kegiatan
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
c. Pelatihan
Gambar:
ESQ Outbound dan Diklat PTK
Gambar: Uji
Assesor Otomotif dan Logam Mesin
Kunjungan
Benchmarking : Jubilee, Universitas Presiden
I
SARANA PRASARANA
FASILITAS DAN LINGKUNGAN
Identifikasi Sarana
Prasarana
a. Lahan Sekolah :
·
Luas lahan 48.770 m2
·
Rasio luas lahan terhadap peserta didik
30 m2
·
Bukti kepemilikan lahan berupa tanah
Negara
b.
Bangunan Gedung
·
Luas lantai 22.220 m2
·
Rasio luas lantai terhadap peserta didik 13,8 m2
·
Jalan didalam sekolah yang diaspal
c. Fasilitas Pendukung
·
Instalasi listrik dengan daya 10. 500 KVA
·
Fasilitas Telepon pada setiap Unit
Kerja
·
Air Bersih PDAM
·
Bandwitch Internet dan Hotspot
d.
Ruang Kelas :
·
Banyaknya ruang kelas 32 ruang
·
Banyaknya ruang kelas yang memenuhi
rasio minimum (2 m2/peserta didik)
·
Sarana ruang kelas memenuhi standar
Sarana Prasarana
·
Meja & Kursi Siswa, Pendidik
·
White Board
·
LCD, Screen
e.
Ruang Perpustakaan
·
Luas Ruang Perpustakaan 144 m2
·
Ruang perpustakaan mudah diakses
f.
Laboratorium Kimia,
Luas laboratorium : 80 m2
g. Laboratorium Fisika, Luas laboratorium : 80 m2
h. Ruang Pimpinan , Luas 140 m2
i.
Ruang Pendidik,
Luas 208 m2
j.
Temapat Ibadah,
Luas 110 m2
k. UKS, Luas 32 m2m
l.
Ruang Wakil
Kepala dan Renbang 5 Ruang Luas @24 m2
m. Ruang Koperasi Siswa dan Guru 2 Ruang Luas @42
m2
n. Kamar Kecil / WC/ Toilet, 26 Buah, Luas tiap
toilet 6 m2
o. Gudang, luas 144 m2
p. Ruang Sirkulasi, 5 lokasi
q. Tempat Bermain dan Olah Raga
·
Tempat bermain di halaman terbuka
diberi kursi / tempat duduk, pohon
perindang, tempat sampah
perindang, tempat sampah
·
Tempat olah raga :
ü
Tenis lapangan 1 area
ü
Basket : 1 lapangan
ü Sepak bola : 1 lapangan berfungsi sebagai
tempat upacara bendera
ü
Volley ball : 2 lapangan
ü
Panjat dinding : 1 unit
ü
Loncat jauh / loncat tinggi : 2 unit
ü
Footsal : 1 lapangan
ü
Tenis meja : 2 set meja
·
Luas tempat bermain : ( 30 x 30 ) 900
m2 . 4 lokasi
·
Luas tempat olah raga sesuai standar lapangan olah raga
·
Rasio tempat
bermain 2,75 m2/peserta didik
r. Ruang Tata Usaha, dengan rasio per pegawai 4 m2,
luas 185 m2
s. Ruang Konseling, luas 41 m2
t.
Ruang OSIS, luas
17 m2
u. Laboratorium Bahasa, luas 80 m2
v. Ruang ICT, luas 16 m2
w. Ruang Theater, luas 100 m2
x. Ruang Riptaloka / Pertemuan, luas 144 m2
y. Rumah dinas dan Dapur, luas 110 m2
z. Kantin 4 Ruang luas @24 m2
2. Perencanaan
Pengembangan Gedung
1.
Ruang Pembelajaran dan Ruang Penunjang
Gambar: Ruang Pembelajaran
Gambar: Ruang Tutorial dan
Bengkel Produktif
a.
Ruang Penunjang
Gambar: Bengkel Bangunan dan
Elektronika
Gambar: Bengkel Listrik dan
Bengkel Otomotif
Gambar: Mushola, Perpustakaan
dan Ruang Wakil Kepala
Gambar: Ruang Perpustakaan dan
Rumah dinas
Gambar: Bengkel Komputer dan
Ruang Pertemuan
Gambar: Kantin
1.
Green School
A.
HUMAS PARTNERSHIP
DAN PENYALURAN TAMATAN
1.
Humas
2.
Partnership
3. Penyaluran Tamatan
Data Penyaluran Tamatan
Tahun
|
Bekerja
|
Melanjutkan
|
Lain-lain
|
2010
|
84 %
|
8 %
|
8 %
|
2011
|
85 %
|
10 %
|
5 %
|
2012
|
75 %
|
19 %
|
6 %
|
a. Penyelenggaraan Job
Fair
G. PRESTASI SEKOLAH
Prestasi yang diraih oleh sekolah baik prestasi akademik ataupun prestasi
non akademik merupakan suatu hal yang sangat penting untuk:
·
Menunjukan kinerja dan kualitas sekolah
· Memudahkan dikenal oleh pihak luar terutama DU/DI
atau Perguruan Tinggi dan rekruitmen tamatan.
·
Penilaian positif bagi masyarakat dan
Stakeholders.
1
Prestasi Akademik, Kejuaraan LKS
Gambar: Pelenggara LKS Tingkat Propinsi
2. Penghargaan Citra Pelayanan Prima (CPP) tingkat Nasional
3. Expose Potensi SMK dan Peresmian TUK Tingkat Propinsi
4.
Televisi Edukasi
H. PEMBIAYAAN DAN ANGGARAN SEKOLAH
1.
Sumber Pembiayaan
Perencanaan, Pemanfaatan / Pembelanjaan,
Pelaporan Penggunaan Anggaran di Sekolah harus Transparan dan akuntabel mengacu
pada: Peraturan perundangan dan
Persyaratan yang berlaku. Sumber pembiayaan operasional sekolah berasal
dari:
·
Iuran Orang Tua Siswa / Komite
Sekolah
o
Sumbangan Pengembangan
Pendidikan
o
Iuran Wajib Pendidikan
·
Pendanaan dari Pemerintah Kota
o
Subsidi Belanja Sekolah (SBS)
o
Belanja Gaji
·
Pendanaan Dari APBN
o
BOSS
o
Dana Alokasi Khusus / Block
Grand
·
Pendanaan dari Propinsi
·
Pendanaan dari Pihak Ketiga : SED-TVET
dari pemerintah Jerman untuk revitalisasi peralatan dan pelatihan Pendidik
Pendanaan
dari orang tua memperhatikan aspek: Kemampuan Orang tua, Subsidi silang dan
Pemberian Beasiswa bagi yang kurang mampu.
2.
Perencanaan Anggaran
Gambar: Perencanaan
Kegiatan melalui Manrev dan Rapat Komite
Gambar: Finalisasi RAPBS
dan Desk RAPBS dengan Dinas Pendidikan
SMKN 1 MAGELANG JAYA (alfalah xob)
BalasHapusSMK N 1 MAGELANG mari kita buktikan kepada dunia bahwa kita juga bisa
BalasHapusSMK N 1 MAGELANG adalah pencetak tenaga kerja yang unggul dan berprestasi
BalasHapussmkn 1 magelang istimewa :)
BalasHapussmk 1 magelang sekolah yang maju dan berprestasi !!
BalasHapusSMK N `1 MAGELANG sekolahnya sang juaraaaaa
BalasHapussmk 1 magelang sekolah istimewa
BalasHapussmk 1 mgl,, sekolahku ,, kebanggaanku.. :)
BalasHapusSAYA ALUMNI 1999....MA_MURID BPK.KARYANTO.......HADIR.....WISH YOU ALL THE BEST....!
BalasHapusDESAIN GRAFIS ADAKAH YA PAK
BalasHapusSMKN 1 MAGELANG semakin di depan saya alumni BGB 2002
BalasHapusSMKN 1 MAGELANG semakin di depan saya alumni BGB 2002
BalasHapusSaya Alumi SMK 1 Magelang 1988.j urusan Listrik A.
BalasHapusSalam sukses...Terimakasih Bapak Dan Ibu Guru yang telah mendidik saya,menjadi orang yang siap pakai di bidangnya.