Mengenai Saya

Foto saya
magelang, jawa tengah, Indonesia

Rabu, 22 Januari 2014

PROFIL SMK NEGERI 1 MAGELANG


A.     SEJARAH SMKN 1 MAGELANG

SMK Negeri 1 Magelang merupakan Sekolah Kejuruan Favorit di Kota Magelang. Berdiri pada tanggal 1 Agustus 1965 berdasarkan S.P. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 136/Dirpt/BI/65 tanggal 8 Oktober 1965 berdiri sebuah Sekolah Teknologi dengan nama STM Negeri Magelang dengan jurusan Bangunan Gedung dan Jurusan Mesin. Tahun 1970 dikukuhkan melalui Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan dengan Nomor surat 306/Set.DDT/70 tertanggal 13 April 1970.
Tahun 1988 lokasi sekolah dipindah dari Tuguran dan menempati lokasi baru di Jalan  Cawang no:02 Jurang Ombo, Kota Magelang. Sejak berdiri SMK Negeri 1 selalu mengalami perkembangan dan pembukaan jurusan baru,  diantaranya: Teknik Listrik, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika dan Teknik Komputer.
Berikut daftar Kepala Sekolah sejak berdiri hingga sekarang:
1.      Bpk. Abu Sunarko
2.      Bpk. R. Sutarja
3.      Bpk. Mardi Yuwono
4.      Bpk. Koendarto
5.      Bpk. Soedarsono, BE
6.      Bpk. Drs. Herry Agus Suyitno
7.      Bpk. Drs. Kartono
8.      Bpk. Drs. Ch. Heru Subroto, MPd
9.      Bpk. Drs. Jarwadi, MPd
10.   Bpk. Drs. Supriyatno
11.   Bpk. Drs. Ngajid, MPd

Sebagai wujud peningkatan mutu dan pelayanan Mulai tahun 2004 sekolah menerapkan
dan bersertifikasi SMM ISO 9001, mulai tahun 2006 mengembangkan sekolah menjadi
RSBI sampai tahun 2013, dan dikembangkan menjadi Sekolah Berprestasi.

B.     IDENTITAS SEKOLAH
1.      Nama Sekolah : SMK NEGERI 1 MAGELANG
2.      Visi      :
Menjadi SMK teknologi bertaraf Internasional yang unggul, berwawasan kebangsaan , lingkungan dan kesetaraan gender, yang dikelola secara profesional, sebagai pencetak sumber daya manusia tangguh
3.      Misi     :
a.      Membentuk tamatan yang berkepribadian unggul dan berprestasi.
b.      Mencetak tamatan yang profesional dibidang teknologi dan berjiwa enterpreneur.
c.       Mengelola sekolah dengan sistem manajemen mutu menuju Total Quality   
        Management.
d.      Menjadikan sekolah sebagai pusat layanan informasi, komunikasi dan Teknologi,   serta layanan pemakai tamatan.
e.      Mengembangkan kultur sekolah yang berwawasan kebangsaan, lingkungan dan 
        kesetaraan gender
4.      Tujuan Sekolah :
a.  Menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap 
        profesional;
b. Menyiapkan para siswa agar mampu memilih karir, mampu berkompetensi dan        mampu mengembangkan diri;
c. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk memenuhi kebutuhan dunia   
        usaha dan industri pada saat ini serta masa yang akan datang;
d.   Menyiapkan tamatan agar menjadi warga negera yang produktif, adaptif dan kreatif.

5.      Lokasi / Alamat Sekolah:
Jalan Cawang No. 02,
Kelurahan      : Jurang Ombo
Kecamatan    : Magelang Selatan     Kode Pos: 56123         
Kota               : Magelang
Koordinat       : 7 0306 ”  LS     ;  110 01215 ”  BT        Ketinggian     : 382 DPL
6.      Nama Pengelola         : Pemerintah Kota Magelang
7.       Status Sekolah            : Negeri
8.      Status Akreditasi         :  Semua Kompetensi Keahlian nilai A, 
NO
KOMPETENSI KEAHLIAN
AKREDITASI
TAHUN
1
Teknik Gambar Bangunan
95
2009
2
Teknik Konstruksi  Batu Beton
92
2009
3
Teknik Konstruksi  Kayu
95
2009
4
Teknik Audio Video
96
2009
5
Teknik Komputer Jaringan
96
2009
6
Teknik P. Tenaga Listrik
95
2009
7
Teknik Pendingin Tata Udara
95
2009
8
Teknik Pemesinan
97
2009
9
T. Otomotif Kendaraan Ringan
97
2009

1.      N.S.S. (Nomor Statistik Sekolah)                 : 401036001001
2.      NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)    :20327608
3.      Luas lahan / tanah                                          : 48.770 m2
4.      Luas bangunan                                               : 17.166 m2
5.      Status tanah / Sertifikat                                 : Milik Pemerintah Kota Magelang
6.      Sertifikat                                                         : Sudah sertifikat
7.      Waktu belajar                                                 : Pukul 07.00 sd. 17.30
8.            8.    Website                                                           : http://www.smkn1magelang.com
9.      Email                                                               : smkn1magelang@yahoo.com
10.  Jumlah ruang belajar                                      : 32 ruang kelas / Ruang teori
11.  Jumlah rombel per kompetensi keahlian       : 
No
Kompetensi Keahlian
Jumlah Rombel
Jumlah
Kelas X
Kelas XI         
  Kelas XII
1
T. Gambar Bangunan
1
1
1
3
2
T. Konstruksi Kayu
1
1
1
3
3
T. Konstruksi Batu Beton
2
2
2
6
4
T. Audio Video
2
2
2
6
5
T. Komputer & Jaringan
2
2
2
6
6
T. Instalasi Tenaga Listr
3
3
3
6
7
T. Pendingin Tata Udara
1
1
1
6
8
T. Pemesinan
4
4
4
12
9
T. Kendaraan Ringan
4
4
4
12
Jumlah
20
20
20
60
C.      LOKASI SEKOLAH

Sekolah terletak dilereng Gunung Tidar yang berhawa sejuk, tenang dan nyaman sangat menunjang suasana pendidikan dengan luas 4,8 ha. Lokasi Sekolah strategis dan terjangkau oleh angkutan umum
1.      Lokasi Sekolah

2.      Side Plan

D.      KOMITE SEKOLAH
Komite Sekolah mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di sekolah, Tugas komite sekolah diantaranya:
·              Memberi pertimbangan (advisory agency) dalam penentuan dan pelaksanan kebijakan               pendidikan di satuan pendidikan.
·             Pendukung (supporting agency), baik yang berwujud finansial, pemikiran, maupun tenaga          dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah.
   ·         Pengontrol (controlling agency) dalam rangka transparansi dan akuntabilitas   
            penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di sekolah.
Gambar: Komite Sekolah dan Guru SMKN 1 Magelang
SUSUNAN KOMITE SEKOLAH SMK Negeri 1 Magelang
1.   Ketua                            : Drs. H. Muhammad Chadiq
    Yudi Ismono, SH
2.   Sekretaris                     :  Kasiyono, SH
      Hartana, SPd
3.   Bendahara                    :  Fathurohman, BA
      Suyatmi, SPd
4.   Seksi-seksi
a.      Pengembangan        :  Drs. Joko Budiyono              
  Pendidikan                   Haris Imam Suntoko, AMd

b.      Pengembangan        :  R.P. Purnomo, S.S. BSc
  Sarana Prasarana       Drs. Ridar Umar, MPd
                                         Subali

c.       Usaha/Pendanaan    :  Kuswan Haji, SH
        Joko Mei Budi Utomo
        Bambang Purwanto
A.      STRUKTUR ORGANISASI
Penyusunan Struktur organisasi merupakan tanggungjawab kepala sekolah sebagai administrator pendidikan.Sebelumnya ditetapkan, penyusunan organisasi dibahas bersama-sama dengan dewan guru agar hasil yang diperoleh benar-benar dapat menjalankan kegiatan sekolah secara efisien: 
           1.      Kepala Sekolah            : Drs. Ngajid, M.Pd
           2.      Waka Kurikulum           : Wakijan, S.ST
           3.      Waka Kesiswaan         : Koen Trihardono, S.Pd
           4.      Waka Sarpras dan       : Ramelan, S.Pd
             Ketenagaan
           5.      Waka Hub – In            : Drs. Puryanto
           6.      Kajur Bangunan          : Drs. Yanuariyanto
           7.      Kajur Elektronika        : Drs. Yunantono, M.Pd
           8.      Kajur Listrik                 : Drs. Didit Bangun P.
           9.      Kajur Mesin                 : Karyanto, S.Pd
           10.  Kajur Otomotif            : Drs. Maryanto
           11.  K T U                            : Wahyuni, S.IP
           12.  Koord. Renbang          : Drs. Al. Sudibyo
           13.  Koordinator BK            : Isti Walujanti, S.Pd
           14.  Koord. Guru NA           : Sugeng Rusbiyantoro, S.Pd

D.      KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
 Kegiatan utama sekolah (Core Bisnis) adalah proses pembelajaran yang dijalankan oleh bidang kurikulum :
1.      Kelompok Keahlian
·         Bidang Studi Keahlian             : Teknologi dan Rekayasa
·         Program Studi Keahlian          :
§  Teknik Bangunan
§  Teknik Elektronika, dan Teknik Komputer Informatika
§  Teknik Ketenaga Listrikan
§  Teknik Mesin
§  Teknik Otomotif

·         Paket Keahlian
§    Teknik gambar bangunan
§  Teknik konstruksi kayu
§  Teknik konstruksi batu dan beton
§  Teknik audio video
§  Teknik komputer jaringan
§  Teknik instlalasi tenaga listrik
§  Teknik pendingin dan tata udara
§  Teknik pemesinan
§  Teknikotomotif kendaraan ringan
2.      Mata pelajaran dan kondisi Guru
N0
MATA PELAJARAN
KEBUTUHAN
GURU
JML GURU
MAPEL
1
Pendidikan Agama Islam
5
5
2
Pendidikan Agama Kristen
1

3
Pendidikan Agama Katolik
1

4
PKN
5
5
5
Bahasa Indonesia
8
7
6
Sejarah Indonesia
2
2
7
Seni Budaya,bhs jawa
2
2
8
Olahraga/Kesehatan
5
5
9
Bahasa Inggris
10
10
10
Matematika
13
12
11
Kimia
5
5
12
Fisika
6
6
13
Prakarya
2
2
14
Kewirausahaan
5
6
15
KKPI
4
16
IPA
2
17
IPS
2
2
18
BK
10
10
19
Teknik Bangunan
22
22
20
Teknik Elektro dan Komput
23
23
21
Teknik Listrik dan Pend
22
22
22
Teknik Pemesinan
25
25
23
Teknik Otomotif
19
19

1.      Mata Pelajaran Muatan Lokal
a. Mulok 1           : Bahasa Jawa
b. Mulok 2           : Ilmu Ukur Tanah
c. Mulok 3           : Teknik Sepeda Motor
d. Mulok 4           : Auto CADD
e. Mulok 5           : Teknik Las
            1.      Nilai Rata-rata Ujian Nasional
No.
Mata Pelajaran
Rata-rata Nilai Ujian Nasional
2010/2011
2011/2012
2012/2013
1
Bahasa Indonesia
8,15
8,33
8,28
2
Bahasa Inggris
8,66
8,72
8,36
3
Matematika
9,30
9,18
8,22
4
Produktif (teori& prak)
8,15
8,10
8,71

            2.      Nilai Rata-rata Ujian Sekolah
No.
Mata Pelajaran
Rata-rata Nilai Ujian Sekolah
2009/2010
2010/2011
2011/2012
2012/2013
1
Pend. Agama
8,15
8,10
8,23
8,20
2
PKn
8,08
8,20
8,07
8,30
3
Pend. Jasmani / OR
8,40
8,30
8,86
8,20
4
Seni Budaya
7,71
7,62
7,88
7,92
5
IPS
8,18
8,22
8,49
8,50
6
KKPI
8,33
8,40
8,56
8,72
7
Kewirausahaan
7,75
7,70
7,78
7,80
8
Fisika
7,96
7,75
8,35
8,20
9
Kimia
8,03
8,05
8,12
8,10
10
IPA
7,73
7,70
7,91
8,20

           3.      Kegiatan Pembelajaran

Gambar : Praktek Bahasa dan Komputer
Gambar : Praktek Bangunan
Gambar: Praktek Elektronika

Gambar: Praktek Mesin

Gambar: Praktek Otomotif
E.      KESISWAAN

       1.      Jumlah Siswa
NO
Kompetensi Keahlian
Siswa

Tk.X
Tk. XI
Tk.XII
Total
L
P
L
P
L
P
1
T. Gamb Bang
43
14
41
16
25
10
149
2
T. Konstr Kayu
23
1
21
3
28
5
77
3
T. Konst. Batu B
27
1
21
7
32
1
89
4
T. Audio Video
39
17
32
24
29
16
157
5
TKJ
37
19
26
29
43
27
181
6
T. Inst. Ten Listr
78
5
71
10
59
12
235
7
T. Pendingin TU
23
3
20
7
24
10
87
8
T. Pemesinan
112
-
110
1
101
2
336
9
T. Otomotif
104
8
108
5
94
7
336

TOTAL
552
68
453
96
425
89
1615


          2.      Ekstra Kurikuler

a.      Pramuka   
b.      Patigeni
c.       Paskibra
d.      Studi Wisata
e.      Kemah Bhakti
f.        Kegiatan Seni (Grafity, Band, Topeng Ireng)
g.      Keagamaan (Rohis)
h.      PMR
i.        LDKS
j.        Green Shcool / Adiwiyata
k.       Olah Raga (Sepak Bola, Bola Basket, Bola Volley, Tae Kwon Do)
l.        Debat Bahasa Ingris
m.    Pencinta Alam (Stupa)
n.      Panjat dinding

          3.      Kegiatan Siswa
Gambar: Kegiatan Upacara

Gambar: Kegiatan Senam dan Patigeni

Gambar: Masa Orientasi dan Penghijauan

Gambar: Kegiatan Karnaval dan Grafiti

 Gambar: Tari Topeng Ireng dan Safety Riding

Gambar: Liga Olah Raga


F.      KETENAGAAN
Dituntut kondisi Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang mempunyai komptensi yang relevan dengan tuntutan kemajuan jaman, sehingga dibutuhkan peningkatan kemampuan / kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang terus menerus atau berkelanjutan. Usaha untuk meningkatkan kompetensi dapat dilakukan melalui :
·               Mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi (D4, S1, S2 ),
·               Mengikuiti pelatihan / penataran,
·               Mengikuti seminar , work shoop, magang Industri, MGMP   dll
·               Mengadakan studi banding, kunjungan kerja dll
Tata nilai merupakan dasar sekaligus arah bagi sikap dan perilaku seluruh pegawai dalam menjalankan tugas.Tata nilai yang dikembangkan harus menerapkan nilai-nilai positif yang berlaku secara Universal, Nasional dan Lokal.
Tata nilai akan menyatukan hati dan pikiran seluruh pendidik dan karyawan dalam usaha mewujudkan layanan pendidikan. Tata nilai yang dimaksud adalah amanah, AdministratiF, visioner, demokratis, inklusif, dan berkeadilan, akan memperlancar sekolah dalam mewujudkan Visi dan Misi sekolah.

       1.      Kondisi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
·         Jumlah Pendidik
No.
Pend. Terakhir
Guru Tetap
Guru Tdk Tetap
Jumlah
1
S3
--
--

2
S2
14
--
14
3
S1
158
7
165
4
Sarmud/ D3
6
--
6
Jumlah Semua Guru
178
7
185

·         Tenaga Kependidikan :
No.
Pend. Terakhir
Peg Tetap
Peg Tdk Tetap
Jumlah
1
S1
1
1
2
2
D3/D2 / D1
1
1
2
3
SLTA
10
2
33
4
SLTP / SD
3
4
7
Jumlah semua pegawai
15
29
44

          2.      Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a.      Pengembangan Kompetensi Pendidik:
·         Pelaksanaan MGMP: Normatif adaptif, BK dan Produktif
·         Pemberian reward bagi pendidik berprestasi
·         Studi Lanjut
·         Workshop Penelitian Karya Ilmiah
·         Sertifikasi Assesor Produktif
·         Peningkatan dan pelatihan kompetensi Paedagogis
·         Peningkatan ICT:
·         Simulasi Digital
·         Sertifikasi Guru Simulasi Digital
·         Penerapan SIM Sekolah (Intranet)
·         Kelas Maya (Moodle, Edmodo)
·         Auto CADD, Corel Draw
b.      Pengembangan Kompetensi Tenaga Kependidikan
·         kompetensi manajerial,
·         kompetensi dministrative,
·         pengelolaan informasi 
·         TIK
·         Kompetensi Kepustakaan
·         Kompetensi Teknis
·         Kegiatan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
c.       Pelatihan
Gambar: ESQ Outbound dan Diklat PTK
Gambar: Uji Assesor Otomotif dan Logam Mesin
Kunjungan Benchmarking : Jubilee, Universitas Presiden


I      SARANA PRASARANA FASILITAS DAN LINGKUNGAN

      Identifikasi Sarana Prasarana

a.      Lahan Sekolah :

·         Luas lahan  48.770 m2
·         Rasio luas lahan terhadap peserta didik  30 m2
·         Bukti kepemilikan lahan berupa tanah Negara
b.      Bangunan Gedung
·         Luas lantai 22.220 m2
·         Rasio luas lantai terhadap peserta didik 13,8 m2
·         Jalan didalam sekolah yang diaspal

c.       Fasilitas Pendukung
·         Instalasi listrik dengan daya 10. 500 KVA
·         Fasilitas Telepon pada setiap Unit Kerja
·         Air Bersih PDAM
·         Bandwitch Internet dan Hotspot

d.      Ruang Kelas :
·         Banyaknya ruang kelas 32 ruang
·         Banyaknya ruang kelas yang memenuhi rasio minimum (2 m2/peserta didik)
·         Sarana ruang kelas memenuhi standar Sarana Prasarana
·         Meja & Kursi Siswa, Pendidik
·         White Board
·         LCD, Screen
e.      Ruang Perpustakaan
·         Luas Ruang Perpustakaan 144 m2
·         Ruang perpustakaan mudah diakses 
f.        Laboratorium Kimia, Luas laboratorium : 80 m2
g.      Laboratorium Fisika, Luas laboratorium : 80 m2
h.      Ruang Pimpinan , Luas 140 m2
i.        Ruang Pendidik, Luas 208 m2
j.        Temapat Ibadah, Luas 110 m2
k.       UKS, Luas 32 m2m
l.        Ruang Wakil Kepala dan Renbang 5 Ruang Luas @24 m2
m.    Ruang Koperasi Siswa dan Guru 2 Ruang Luas @42 m2
n.      Kamar Kecil / WC/ Toilet, 26 Buah, Luas tiap toilet 6 m2
o.      Gudang, luas 144 m2
p.      Ruang Sirkulasi, 5 lokasi
q.      Tempat Bermain dan Olah Raga
·         Tempat bermain di halaman terbuka diberi kursi / tempat duduk, pohon  
         perindang, tempat sampah
·         Tempat olah raga :
       Ã¼  Tenis lapangan 1 area
       Ã¼  Basket : 1 lapangan
       Ã¼  Sepak bola : 1 lapangan berfungsi sebagai tempat upacara bendera
       Ã¼  Volley ball : 2 lapangan
       Ã¼  Panjat dinding : 1 unit
       Ã¼  Loncat jauh / loncat tinggi : 2 unit
       Ã¼  Footsal : 1 lapangan
       Ã¼  Tenis meja : 2 set meja
·         Luas tempat bermain : ( 30 x 30 ) 900 m2 . 4 lokasi
·         Luas tempat olah raga sesuai standar lapangan olah raga
·         Rasio tempat bermain 2,75 m2/peserta didik
r.       Ruang Tata Usaha, dengan rasio per pegawai 4 m2, luas 185 m2
s.       Ruang Konseling, luas 41 m2
t.        Ruang OSIS, luas 17 m2
u.      Laboratorium Bahasa, luas 80 m2
v.       Ruang ICT, luas 16 m2
w.     Ruang Theater, luas 100 m2
x.       Ruang Riptaloka / Pertemuan, luas 144 m2
y.       Rumah dinas dan Dapur, luas 110 m2
z.       Kantin 4 Ruang luas @24 m2

2.      Perencanaan Pengembangan Gedung

1.      Ruang Pembelajaran dan Ruang Penunjang
Gambar: Ruang Pembelajaran

Gambar: Ruang Kelas Normatif Adaptif
Gambar: Ruang Theater dan Ruang Komputer
Gambar: Ruang Tutorial dan Bengkel Produktif

a.      Ruang Penunjang
Gambar: Bengkel Bangunan dan Elektronika
Gambar: Bengkel Listrik dan Bengkel Otomotif
Gambar: Mushola, Perpustakaan dan Ruang Wakil Kepala
Gambar: Ruang Perpustakaan dan Rumah dinas
Gambar: Bengkel Komputer dan Ruang Pertemuan
Gambar: Kantin

1.      Green School
Gambar: Halaman Depan Sekolah
Gambar: Halaman Kantor Administrasi
Gambar: Halaman Kantor Depan dan Ruang Kelas
Gambar: Lingkungan dan Ruang Pengolahan Limbah Organik

A.      HUMAS PARTNERSHIP DAN PENYALURAN TAMATAN
1.      Humas
Gambar: Pertemuan Orang Tua Siswa dan Kunjungan Gubernur Jateng
Gambar: Kunjungan Anggota DPRD dan Ka.Dinas Pendidikan
2.      Partnership
Gambar: SED-TVET Jerman dan LSS Malaysia
Gambar: Nathawee Collage Thailand
Gambar: Minister Education Turki
Gambar: Guru Asing (Volentire) dari USA dan Korea

3.      Penyaluran Tamatan

Data Penyaluran Tamatan
Tahun
Bekerja
Melanjutkan
Lain-lain
2010
84 %
8 %
8 %
2011
85 %
10 %
5 %
2012
75 %
19 %
6 %

a.      Penyelenggaraan Job Fair


              
Proses Rekruitment

G.     PRESTASI SEKOLAH
Prestasi yang diraih oleh sekolah baik prestasi akademik ataupun prestasi non akademik merupakan suatu hal yang sangat penting untuk:
·         Menunjukan kinerja dan kualitas sekolah
·       Memudahkan dikenal oleh pihak luar terutama DU/DI atau Perguruan Tinggi dan      rekruitmen tamatan.
·         Penilaian positif bagi masyarakat dan Stakeholders.

1      Prestasi Akademik, Kejuaraan LKS


Gambar: Pelenggara LKS Tingkat Propinsi
 
 2.      Penghargaan Citra Pelayanan Prima (CPP) tingkat Nasional

3.      Expose Potensi SMK dan Peresmian TUK Tingkat Propinsi 
4.      Televisi Edukasi
H.     PEMBIAYAAN DAN ANGGARAN SEKOLAH

1.      Sumber Pembiayaan
Perencanaan, Pemanfaatan / Pembelanjaan, Pelaporan Penggunaan Anggaran di Sekolah harus Transparan dan akuntabel mengacu pada: Peraturan perundangan dan  Persyaratan yang berlaku. Sumber pembiayaan operasional sekolah berasal dari:
·         Iuran Orang Tua Siswa / Komite Sekolah
o   Sumbangan Pengembangan Pendidikan
o   Iuran Wajib Pendidikan
·         Pendanaan dari Pemerintah Kota
o   Subsidi Belanja Sekolah (SBS)
o   Belanja Gaji
·         Pendanaan Dari APBN
o   BOSS
o   Dana Alokasi Khusus / Block Grand
·         Pendanaan dari Propinsi
·         Pendanaan dari Pihak Ketiga : SED-TVET dari pemerintah Jerman untuk revitalisasi peralatan dan pelatihan Pendidik
Pendanaan dari orang tua memperhatikan aspek: Kemampuan Orang tua, Subsidi silang dan Pemberian Beasiswa bagi yang kurang mampu.
2.      Perencanaan Anggaran

Gambar: Perencanaan Kegiatan melalui Manrev dan Rapat Komite


Gambar: Finalisasi RAPBS dan Desk RAPBS dengan Dinas Pendidikan